LOREM IPSUM, ASAL MULA DAN PENERAPANNYA DALAM DESAIN GRAFIS

"Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum."
Pernah membaca kata-kata itu ?
Ya, kutipan teks diatas merupakan Naskah Lorem Ipsum standar yang telah digunakan sejak tahun 1500an sebagai standar contoh teks yang sering digunakan dalam
sebuah industri percetakan dan penataan huruf (Typesetting).

Asal Mula Lorem Ipsum
Lorem Ipsum lahir pertama kali saat seorang tukang cetak (tidak dikenal) mengambil sebuah kumpulan teks, yang kemudian mengacaknya menjadi sebuah buku contoh huruf.
Lorem Ipsum sendiri sebenarnya berasal dari bagian 1.10.32 dan 1.10.33 dari naskah “de Finibus Bonorum et Malorum” (Sisi Ekstrim dari Kebaikan dan Kejahatan) sebuah karya sastra latin klasik yang ditulis oleh Cicero. Fakta ini ditemukan oleh seorang Profesor Bahasa Latin dari Hampden-Sidney College di Virginia, Richard McClintock.


Penggunaan Lorem Ipsum
Seperti halnya yang ditulis di Wikipedia:
"In publishing and graphic design, lorem ipsum is standard placeholder text used to demonstrate the graphic elements of a document or visual presentation, such as font, typography, and layout."
Alasan Lorem Ipsum digunakan sebagai teks standar dalam sebuah karya desain dikarenakan huruf-huruf yang ada pada teks Lorem Ipsum memiliki penyebaran huruf yang normal dan merata. Sehingga dapat diibaratkan sebagai sebuah naskah berbahasa inggris yang dapat dibaca (walau sebenarnya cukup membingungkan). :)

Penerapannya dalam sebuah Desain
Salah satu contoh penerapan penggunaan naskah Lorem Ipsum dalam sebuah desain adalah pada layout sebuah desain web. Dimana agar nantinya seorang klien tidak terpengaruh dengan isi tulisan dari sebuah halaman web yang dibuat, melainkan agar klien dapat lebih memperhatikan desain yang diberikan, bukan isi dari teks yang tertera pada sebuah desain.

Contoh Penggunaan Lorem Ipsum Pada Sebuah Layout Web Desain


Akan tetapi, seiring berjalannya waktu akan muncul sebuah pertanyaan “Apakah Lorem Ipsum masih perlu dipertahankan penggunaanya dalam sebuah desain ?”

Mengingat klien yang kritis akan selalu menanyakan hal-hal yang dilihatnya secara mendetail, mungkin saja kalimat (Lorem Ipsum) yang susah dimengerti ini dapat menjadi “batu sandungan” terhadap sebuah desain yang diberikan kepada klien.

Semoga bermanfaat....

Next Prev

back to top Related Posts with Thumbnails